Social Icons

Pages

Rabu, 24 Desember 2008

Tamu itu Raja ?

Kalo Lebaran ...pasti keingetnya banyak tamu dan bakalan pergi bertamu untuk silahturahmi kan. Apalagi untuk keluarga besar dan ditambah rumahnya di depan tempat sholat Id (maksudnya rumah aku tu...), pasti lah bakal jadi sasaran kumpul pertama setelah sholat Id.

Jadi inget masa2 dulu sebelum married, kalo lebaran tamu2 itu dibikin kategori sama Tante ku, tamu keluarga handai taulan deelel, tamu rekan bisnis (ceile lagak tante ku...padahal temen kantor asuransi nya dulu) dan yang terakhir ada tamu kecil. Tamu kecil disini maksudnya ya bener2 kecil. Anak2 kecil yang datang namu ke rumah dengan
rombongan penuh, bisa 6 sampe 10 orang. Nah, untuk tamu kecil itu tanggung jawab ku dan adek ku untuk nemenin, nyiapin minum, pokoknya dari ngajak ngobrol sampe beresin meja setelah tamu kecil ini pulang. dan ini berlangsung sampe aku kuliah.
Jadi gini skenario kalo ada tamu kecil datang

Tamu kecil dan rombongan : 'Assalamualaikum...,'
Aku ato adekku : 'Waalaikumsalam... ayo masuk masuk...jangan malu,' (plus senyum lho...kan tamu adalah raja, biarpun kecil2)
Tamu kecil senyum malu2
Aku : 'Tinggalnya dimana ni...,'(Hampir 80% tamu kecil yang datang aku gak kenal, dan biasanya emang bukan dari daerah sekitar rumahku)
Tamu1 : 'Dari jl. ini blablabla...,'
Aku  : 'Oooo...namanya siapa aja ni,'
Tamu 1, 2, 3, 4, 5, 6 (barengan) :'HJFkguigfmdcjkd,' (Gak jelas, kan barengan)
Aku : 'Oooo, ayo dimakan diminum,'
Dan diakhir cerita, biasanya ngeluarin duit kertas baru yang kalo jaman SD cukup Rp 100,- aja anak2 udah pada seneng, tapi kalo sekarang minimal 100 x lipat.
Ini akan berulang sekitar lebih dari 5 kali dalam sehari dan berlaku untuk 5 hari lebaran, aduuuh tepuk jidat, bayangkan berapa kali aku harus menanyakan nama anak2 kecil yang datang.

Mungkin gara2 mesti ngeladenin tamu2 kecil ini, aku jadi kena virus sok ramah sok kenal sok dekat kalo ketemu orang baru...Tapi bukan itu yang bakal aku ceritain.
Nah... selain banyak tamu ke rumah, aku juga sering ikut Papa kalo pergi silahturahmi ke rumah temen2 ato sodara Papa, dan suatu hari beberapa belas tahun yang lalu...aku gak inget kapan tapi waktu aku masih SD, aku dan keluarga pergi ke rumah temen Papa.
Temen Papa ini sama pengusaha cuma bedanya waktu itu Papa pengusaha  yang boleh dibilang sama sertifikat Gapensi Pengusaha golongan K3, dan temennya itu udah Golongan M ..gitulah pokoknya...
Pas nyampe di rumah si Pengusaha Sukses, kami dipersilahkan masuk sama PRT - nya, dan duduklah (kan udah disuruh duduk), trus 5 menit kami disuguin minum tanpa disuruh minum tapi tuan rumahnya belum keluar2...aku inget banget minumnya itu jus  jeruk yang kayak gogo itu lho yang ada butir2 jeruknya, keliatan dari gelasnya.
10 menit tuan rumah belum keluar juga... aku mulai gerah dan haus, tapi sama Papa gak boleh minum dulu abis katanya belum disuruh minum, jadi ya...gak minum dan gak makan, kebayang lah anak kecil liat kue2 tu kan bawaannya mau langsung di hluppp makan.
15 menit, PRT yang tadi keluar.. bilang Tuannya lagi istirahat gak bisa diganggu...Haaah setelah 15 menit, kenapa gak dari tadi...Kesel nya aku apalagi ini kan lebaran dan waktu berkunjung pun jam lumrah orang untuk silahturahmi abis Ashar gitu deh...
Jadi Papa ku pun pamit sambil titip salam untuk tuan rumah untuk dikabarin kalo kami udah sempat singgah... tanpa ada komentar apa2, kecewa pasti...kami seolah2 cuma ngeganggu si Pengusaha Sukses tadi. Aku kebayang terus sama Jus jeruk nya...trus keceplosan kalo Aku pengen deh minum Jus nya... (kira2 5 hari kemudian aku nemu Jus jeruk yang sama dengan di rumah Pengusaha Sukses di rumah, katanya dibeliin Papa...hehehe jadi kasian sama Papa)

Dan...kembali ke masa sekarang, beberapa hari yang lalu aku ketemu lagi dengan si Pengusaha Sukses ...di rumah Papa. bertamu di jam2 mendekati maghrib, dan masih diterima Papa, bahkan ketika Maghrib datang Papa masih sempet bilang izin sebentar ya aku sholat dulu...Setelah itu obrolan pun dilanjutin lagi.
Aku cuma diam dan mikir.... apa ni Bapak inget berapa tahun yang lalu bagaimana dia memperlakukan Papa ku dan sekarang dia masih bisa kembali tanpa perasaan apa2, dengan gaya pen**l**t bikin aku kok jadi neg.
Bukan dendam sih, tapi mestinya kita juga berfikir untuk tidak pernah meremehkan siapa pun di sekitar kita, karena siapa tahu suatu saat kita akan butuh sama orang tersebut. Dan sepertinya kondisi itu yang sedang terjadi pada si Pengusaha Sukses.
Mestinya si Pengusaha Sukses itu dikasih kursus sama Nenek ku dalam hal menerima tamu...Urgh biar dia ngerasain ngadepin anak2 kecil yang jadi tamunya...

14 komentar:

  1. Tamu pengusaha sukses adalah raja....raja tega ya bu?...:))))

    BalasHapus
  2. Wah....postingan Lina kali ini daleemmm.....banget, maknanya.
    Makasih Lina..:))

    * sambil mikir, aku dah memperlakukan tamu sbgmn Lina memperlakukan tamu kecilnya, lum ok *

    BalasHapus
  3. Pengusaha sukses kalo namu maunya jadi raja...
    Raja tega...bener tu...

    BalasHapus
  4. Yang bikin terharu tamu2 kecilku dulu masih sering nyapa kalo ketemu
    Padahal aku sendiri udah gak inget lagi...

    BalasHapus
  5. Di manapun sama aja ternyata heeeeheee, apalagi di tempatku mbak ihhh ngeri

    BalasHapus
  6. gimana tu ngerinya... ceritain ceritain
    *gosip mode on

    BalasHapus
  7. Ha ha ha,......lina nyindir nih,.......emang dulu jaman SD SMP kalo lebaran pasti ngider,.....tamu ntah kerumah siapa,..yg tau rumah Om ini, om itu lah tp yg pasti bukan di sungailiat,.....itu di Pengkal,....tu kalo da terkumpul kek kawan2 langsung nonton, dari jam 14, da nongkrong di bioskop surya, terus jam 16 di bioskop garuda, jam 18.00 di bioskop Banteng,..(mana inget magrib masih keciiillll), jam 20 di Bioskop Maras,.....gile bener,...kalo di inget2.....ape dak pening tu kepala,...sayang semua bioskop itu sekarang tinggal kenangan,....

    BalasHapus
  8. pernah juga sih, bertamu kerumah org sampai dibantingin pintu,....GUBRAK...........(itu jaman mahasiswa kerja sampingan nawarin asuransi)...kapoooooooookkkkkkkk

    BalasHapus
  9. wa ... ketauan hobi ngider2 ... aku juga tuuu
    kalo bertamu ke orang yang kita kenal...trus dicuekin, sedih juga Pak...

    BalasHapus
  10. He...he...jadi inget dech Lebaran di kampung dulu dengan tamu-tamu kecilku. Sekarang mereka udah besar-besar, udach ada yang punya anak malah. And sekarang anaknya masih jadi tamu di rumah ortuku he..he..he..

    BalasHapus
  11. Karena itu Lin, dulu puluhan tahun yg lalu,pertama kali Lebaran Haji di Bandung sedih e minta Ampun karena suasana e beda kek di Bangka,..karena habis sholat ied ya udah liatin org potong hewan kurban,...men dulu e ken tetep ade acara namu2 tu,........ape agik kalo lihat orang pakai kain pembagian TTB,...ha ha seru baju, gorden, celana rok, same semuaa,.....hiii lucu

    BalasHapus
  12. kain TTB...ngetop bener tu Pak... yang bahan tebel warna biru gelap cocok untuk seragam SMP :D

    BalasHapus
  13. Iya Kain TTB tapi kalo dulu yang corak sehingga laki bini bisa pakai jadi kan RAME tambah seruuuu,.....

    BalasHapus

 

Tentang Lina

Mama-nya Hafizh dan Syifa.. istrinya Pak Boy, yang berusaha bisa membagi waktu antara urusan kantor dan urusan rumah. Yang berharap semua berjalan lancar dan selalu happy ending. Yang menikmati semua proses hidup walau terkadang ada yang ajaib. Mensyukuri semua yang Allah berikan, I'm A Happy Mom.... Alhamdulillah

it's Me

Mensyukuri apa yang ada membuat hidup lebih bahagia....
 
Blogger Templates