Social Icons

Pages

Rabu, 25 April 2018

Setelah Operasi...

Lanjutan dari yang ini,

Kamar rawat inapku di lantai 7, yang kalo dari jendela kamar langsung keliatan aja kubah Pasar Tanah Abang, jiaaaaahhh.... Satu kamar itu ada 2 tempat tidur, kirain bakal dapat temen sekamar, tapi ternyata sampe pulang, tempat tidur di sebelah ku gak ada yang nempati.

Abis operasi gimana kabarnya, isss laper ternyata. Jadi jatah makan malam plus snack malam langsung dilahap... gak abis sih, karena masih dalam posisi baring dan mesti disuapin ama suami akunya yang gak betah, ribet... itu nasi ke mana-mana, :D. Dan malemnya mulai lah bermunculan ikutan pasca operasi.
Pertama muncul biduran, gatal-gatal di bagian leher, tangan dan dada. Jadi laporanlah ama suster nya, katanya nanti dikabari ke dokternya dulu... ya udahlah gak apa-apa juga karena masih hilang timbul gitu gatalnya jadi masih bisa lah ditahan.

Kedua.... eh suami tiba-tiba aja sakit tenggorokan dan mulai demam, aduh aku mulai ngerasa bersalah aja, pasti gara-gara siang tadi suami nge skip makan siang karena takut pas dia lagi turun nyari makan tiba-tiba dipanggil sama perawatnya, jadi suami baru sempet makan itu abis Isya, jadi malemnya suami cuma meringkuk aja tidur di sofa yang disediain di kamar.

Ketiga.... tusukan infus yang tadi sebelum operasi aja udah bengkak sekarang bengkaknya jadi 3x lipat dari sebelum operasi. Mbak-mbak perawat di lantai 7 ini Alhamdulillah sigap-sigap ya.... jadi langsung ditanganin lah, dan untuk tusuk infus yang kedua ini mbak perawatnya kesulitan nyari nadi yang pas, tapi akhirnya dapet juga sih. Pake infus itu gak enak, ribet... mau ke toilet kalo salah posisi tiba-tiba aja selang infus nya udah merah aja keisi sama darah, belum lagi aku harus bawa selang drain untuk luka operasi, hadeeeehhhh. 

udah gak terlalu bengkak ini
23 Desember
Dan besoknya, tiba-tiba aja daerah sekitaran bekas operasi termasuk PD kanan tiba-tiba bengkak kayak radang. Panik cepet-cepet panggil suster lagi... dan menurut suster emang mesti seperti itu proses penyembuhan luka. Jadi penyembuhan luka itu ada beberapa proses yang harus dilalui, nah tahap pertama itu adanya peradangan ini yang nantinya akan merangsang sel-sel untuk regenerasi, yah pokoknya seperti itulah. FYI peradangan ini gak lama kok, yang kencengnya cuma satu hari pasca operasi, setelah itu reda dengan sendirinya, jadi nikmatin aja sensasi nyut-nyutannya.

Jadi dengan semua ikutan pasca operasi ini.... tarik nafas... positif thinking, dan meyakinkan diri sendiri Allah akan selalu dampingin. Walaupun panik suami yang flu berat, tapi bersyukur semuanya berjalan lancar. Janji dr. Walta untuk visite di sore tgl 23 ternyata dibatalkan karena dr. Walta ada jadwal operasi sampe malam hari. Jadi artinya aku mesti tidur satu malam lagi di Dharmais.  Tapi, infus udah boleh dicopot, hore...hore...hore....

24 Desember
Khawatir dr. Walta batal visite lagi, soalnya hari Minggu. Masih kerepotan dengan 1 gandulan di bagian kanan itu selang drain, yang serem karena keliatan warna merah-merah gitu, horror. Perawat yang ngecek kondisi drain bilang kalo cairan di drain cuma 10 ml aja, mudah-mudahan ntar siang bisa dicopot. Hari kedua setelah operasi, bekas luka nya sih gak sakit, perasaan masih nyaman aja.
ini penampakan drain untuk luka operasi
Sedangkan Suami makin parah aja sakitnya, jadi dari kemarin cuma baring aja di tempat tidur sebelah ku yang kebetulan kosong, sementara pasien yang abis operasi makannya lahap, kelaperan, segala yang disediain diabisin, ini yang ngejagain malah gak kuat ngapa-ngapain.

Alhamdulillah, sekitar jam 11-an, walaupun hari Minggu dr. Walta datang dong... ngejelasin kalo menurut observasi visual kemaren, benjolan yang diambil itu seluruhnya mamae aberan, karena seperti ada band apa otot gitu yang nekan bagian mamae aberan yang di tengah jadi sepertinya itu kayak daging, makanya dari hasil usg seperti tumor. Dan untuk jelasnya dokter minta nunggu hasil PA aja. Karena drain-nya udah kosong dan pas ngosongin terakhir cuma 10 ml, drain boleh dicopot dong, senengnyaaa. Udah boleh pulang juga, tapi 3 hari lagi mesti kontrol jahitan, asiiikkkk.... pulang.

Suami langsung beberes administrasi, minta surat izin sakit ke dr. Walta, karena aku ternyata mesti stay di Jakarta lebih lama dari perkiraan, beres-beres kamar... trus pulang, pulangnya ke rumah tante ku sih, kan gak mungkin kalo pulang ke Bangka. Gak ada pantangan khusus dari catatan kepulangan dari RS, aktifitas tangan juga ditulis semampunya pasien. Jadi aku pede aja pulang ke rumah tante ku, dan siap-siap untuk kontrol 3 hari lagi.

Suami yang jatah cutinya tinggal 2 hari terpaksa pulang duluan dengan kondisi yang masih agak-agak demam. Dan aku sendiri, tiba-tiba aja melow gak jelas waktu ditinggal suami, manja... sepi aja. Dan gimana cerita bekas operasi? Berasa berat, berat dalam arti sebenarnya, karena tangan kananku jadi susah digerakkan ke posisi 90 derajat ... dan sekitaran plester luka juga gak nyaman.

Begitu diperiksa dr. Walta pas kontrol, sepertinya aku ketauan alergi plester luka, alergi yang aneh tapi ada kejadiannya, jadi bekas tempelan plester ku timbul ruam-ruam gitu. Belum biduran yang keluar pasca operasi kemaren yang ternyata gak ilang-ilang, dan aku baru menyadari ternyata aku alergi dingin juga, hadeh... Alhamdulillah luka operasi udah kering jadi gak perlu pake plester dan kasa lagi. Emang sih recovery pasca operasi itu butuh waktu yang lama. Termasuk gerakan tanganku yang tiba-tiba jadi terbatas, dan sekitaran lengan bagian dalam berasa super sensitif, jadi berasa nyeri di mana-mana. Tapi menurut dokter masih batas wajar, dan disuruh balik kontrol 2 minggu lagi, jadiii.... aku bisa balik ke Bangka dong, asik... asik....

Balik ke Bangka sendirian, dengan perasaan hati berbuncah karena bakal ketemu Abang dan Syifa... kangennyaaaa... Dan rencana kontrol lanjutan aku bakalan minta ditemenin Abang aja ah... Alhamdulillah, semua proses telah berjalan sesuai dengan rencana








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Lina

Mama-nya Hafizh dan Syifa.. istrinya Pak Boy, yang berusaha bisa membagi waktu antara urusan kantor dan urusan rumah. Yang berharap semua berjalan lancar dan selalu happy ending. Yang menikmati semua proses hidup walau terkadang ada yang ajaib. Mensyukuri semua yang Allah berikan, I'm A Happy Mom.... Alhamdulillah

it's Me

Mensyukuri apa yang ada membuat hidup lebih bahagia....
 
Blogger Templates