Social Icons

Pages

Selasa, 03 April 2018

Hari Operasi Itu Tiba

Setelah berbulan-bulan akhirnya nyempetin lagi untuk ketik-ketik di sini. Udah masuk bulan ke-4 di 2018, apa kabar dunia??? Saya benar-benar terisolir beberapa bulan ini karena mesti ngurusin laporan ini itu, yang tabelnya bersheet-sheet dan berfolder-folder, hiks.... dan bikin leher pegel, minus nambah, kepala nyut-nyutan, mata berkunang-kunang karena mesti buka 4 spreadsheet di satu layar. Dan sekarang, alhamdulillah, mulai fix semua laporan-laporannya, bisa meluruskan punggung sejenak dan pengen cerita-cerita lagi. Ini cerita yang panjaaaaanggg dan berdarah-darah, jadi siapkan hati untuk memulainya :D.

Di akhir 2017 yang lalu aku akhirnya memutuskan untuk ngikutin saran dr. Walta untuk mengangkat benjolan yang selama ini jadi beban pikiran ku. Di bulan September apa November gitu, dr. Walta udah bilang sebaiknya diangkat aja. Jadi ada 2 benjolan di daerah ketiak, salah satu udah pasti mamae aberan dan satu lagi dianggap tumor. Jadi, aku mulai jadwalin tindakan operasi, pas nanya ke dokter darurat apa enggak dan dijawab dokter gak darurat, jadi operasi aku jadwalin pas aku cuti di akhir Desember. Enaknya kalo di Poli Cendana (tapi kalo operasi tetep gak enak ya) tanggal operasi bisa kita tentuin sendiri, gak perlu antri.

Jadi tanggal 22 Desember kupilih untuk tindakan operasi, menyiapkan segala sesuatu terutama kondisi badan, soalnya sebelum operasi kan mesti cek darah deesbenya. Kalo Hb rendah operasi bakalan ditunda. Karena posisiku yang jauh dari Jakarta, mesti beberapa kali hubungi Suster Theresia yang ngurusin soal kamar rawat inap pasca operasi. Alhamdulillah proses pra operasi berjalan lancar

21 Desember 2017
Persiapan ke Jakarta, milih pesawat yang gak terlalu pagi biar masih sempet ketemu anak-anak, pikiran udah ke mana-mana, mikir gimana seandainya gak bisa balik lagi, ngeliat Syifa dan Hafizh rasanya sedih banget. Operasi itu kan kesannya horror banget. Jadi aku ama suami aja ni berdua ke Dharmais, nyampe Jakarta ngedrop barang-barang di hotel terus langsung ke Poli Cendana untuk cek darah, EKG dan periksa-periksa untuk kesiapan operasi. Jadi sekitar jam 12 an udah kelar sih semua persiapannya

Hasil cek daranya sendiri baru selesai sekitar sore hari abis Ashar, jadi aku dan suami kabur sebentar ke CL untuk makan siang. Sempet beli pernak pernik ini itu yang gak penting trus sekitar jam 3-an balik lagi ke Dharmais. Hasil cek darah ini bisa diambil di lantai 1 di belakangnya ATM BRI, tinggal pake scan barcode yang ditempelin di bukti bayar cek darah, kalo emang udah selesai langsung di print aja, swalayan. Nah pas aku nyampe status hasil cek ku warna nya masih kuning dan gak bisa di print, untung ada petugas yang nawarin untuk bawa barcode ku masuk ke ruang administrasi nya dan 2 menit kemudian dapat dong print-an hasil cek darah, alhamdulillah bagus... berarti siap untuk operasi.

22 Desember 2017
Pagi jam 8 udah nongkrong di Dharmais, ketemu Suster Theresia nyerahin hasil periksa yang kemarin, dijadwalin untuk ngobrol-ngobrol sama dr. anastesi yang aku bingung fungsi nya untuk apa, karena pas udah masuk ruang operasi dr. anastesinya beda. Ketemu dr. Anastesi pun aku gak ditanya-tanya malah aku yang jadi kepo tanya ini itu.

Nah yang serunya, aku dan suami kan mikir operasi bakal dilaksanain sore hari, sesuai instruksi dari Suster Theresia aku udah puasa makan dari jam 7 pagi, dan puasa minum nanti pas jam 12 an baru gak boleh minum lagi. Jadi kupikir abis ketemu dr. anastesi aku mau balik ke hotel untuk check out dan naro barang-barang di kamar RS. Ternyata rencana terpaksa diubah, jadwal operasi ku dimajuin. Begitu dapet kamar, Pak Budi yang bertugas bagi-bagiin kamar dan jadwal operasi bilang, oke nanti abis jumatan langsung operasi ya, sekarang langsung ganti baju tunggu di ruang pra operasi, langsung sibuk deh, setelah ganti baju operasi, aku masih sempet isi data, tandatangan formulir, dimintain foto copy KTP juga, dipakein gelang, diwawancara singkat soal pake gigi palsu enggak, pake kuteks enggak, pake perhiasan enggak, setelah clear dan da da da da ama suami yang abis itu langsung balik ke hotel untuk beberes sekalian sholat Jum'at. Sempet kenalan ama pasien yang juga dapet jadwal operasi hampir barengan tapi beda dokter, ini udah kayak arisan aja, ngobrolnya pake bisik-bisik soalnya kan gak lucu kalo kita ketawa-ketawa haha hihi... soalnya ruangannya sepi banget suara kecil aja kedengeran ke mana-mana

Abis itu aku didorong ke ruangan lain yang dingiiiiiinnnnn banget, dengan kondisi make baju operasi, diselimutin, dingin... bawaanku pengen pipis mulu. Dan ternyata sodara-sodara aku gak langsung operasi, tapi nunggu di ruang yang isinya pasien pasca operasi selama 3 jam, katanya dimajuin, hiks. Selama 3 jam aku ngeliat pasien pasca operasi yang dibawa keluar masuk ruangan, dan suara-suara nya bikin horror. Aku sampe mikir Ya Allah apa aku juga ntar abis operasi kayak gini. Total bolak balik ke toilet selama nunggu itu 7x aja, sempet ketiduran, dan sempet manggil perawat karena pasien sebelah ku infusnya udah kosong, sempet ngobrol basa basi sama perawat juga. Dan asli berpikir coba aku bawa buku buat baca-baca, karena gak tau mesti ngapain sambil nunggu didorong ke ruang operasi, jadi deh baca doa aja yang banyak.

Setengah 3 kurang dikit dipasangin infus sama perawat, dari awal masukin infus aku udah komplain karena baru 1 menit tanganku udah bengkak aja. Kata perawatnya gak apa-apa kok, dalam ati pengen protes karena sepanjang pengalamanku ngurus orang sakit, kalo udah bengkak segitu artinya ada yang gak beres. Tapi ya udahlah karena udah didorong ke ruang operasi.

Di ruang operasi, dinginnya kayak 10x lipat dari di ruang sebelumnya, aku jelas gemeteran dan tiba-tiba kulitku kayak muncul ruam-ruam merah, hadeeehh.... perawat lain yang di ruang operasi (bukan yang masangin infus) sempet komen kok jadi bercak-bercak merah gini. Tapi siapa sih yang sempet mikirin bercak-brcak di kulit karena gak lama aku udah disuntik obat anastesi, ngantuk dan ketiduran, bangun-bangun udah di ruang pemulihan tempat awal aku nunggu tadi, ngelirik jam dinding, jam 4 kurang 15, bearti total di ruang operasi sekitar 1 jam an.  Masih ngantuk merem lagi, berasa ada selang gede kayak selang pembuangan aer mesin cuci dalam ukuran gede yang ditaro di bawah selimut, dan berasa hangat.

Dipanggil-panggil ama Mbak perawatnya disuruh bangun, tau siiii... denger siiii, cuma kan ngantuk. Sebelum didorong ke kamar rawat inap, nanya ke salah satu perawat boleh langsung minum gak. Kata perawatnya nanti kalo udah di kamar aja... okeee.

Sekitar jam setengah 5, didorong lah ke kamar rawat inap, ketemu suami di depan ruang pra operasi, eh pas nyampe depan gitu ketemu dong sama dr. Walta, jelasin kalo aku dipasangin selang drain untuk jaga-jaga khawatir bengkak dan bisa ngejebol jahitan. Dan rencananya besok bakal dibuka selang drainnya.

Trus hasil operasinya gimana, ya dibawa dulu ke lab PA sempet difoto ama suami, dan di bungkusannya dikasih catatan Mamae Aberans. Berdoa semoga hasil PA nya bagus dan gak ada yang mesti dikhawatirkan. 

Masih ceria biarpun abis dibelah-belah
Nanti kita lanjutkan lagi gimana pra operasi ya....
 


14 komentar:

  1. Mbak, mau nanya waktu dioperasi mamae aberansnya sebesar apa? Trus berapa lama baru pulih total? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dari hasil USG sekitar hampir 2 cm, pas diliat abis operasi kayaknya lebih gede dari 2 cm, menurut dokter emang lebih besar dari perkiraan.
      Pulih jahitan operasinya cepet kok 7 harian udah nyaman, pulih total dengan segala ikutannya sebulanan, tapi aktifitas harian udah bisa kita lakukan seperti biasa pasca keluar RS.

      Hapus
  2. mba mau nanya habis operasi berapa laama bisa pulih n bisa aktfitas secara sy IRT DAN punya 2 anak2, apa masih skit kl mandiin anak atau angkat gayung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar semingguan udah bisa aktifitas biasa kok mbak, tp gak bisa angkat tangan tinggi-tinggi. Luka operasi dan bekas jahitan pulih total sebulanan lah.

      Hapus
  3. Hasil pa nya gimna mba soal sy juga habis op mamae aberans dan takut banget

    BalasHapus
  4. Hasil PA keluar kurleb 10 harian, alhamdulillah hasilnya sesuai dengan diagnosa awal, jaringan mamae dan gak ada tambahan jaringan lainnya. Waktu pengangkatan jaringan, dokter ku ternyata sekalian mengangkat kelenjar keringat juga. Insya Allah hasil PA mbak Rini bagus juga, semangat...

    BalasHapus
  5. mba operasi mammae aberans pakai bpjs gak? soalnya sy konsultasi ke dokter klo mammae aberansnya tdk mengganggu kan klo operasi jatuhnya ke kosmetik, jd bpjs gk nanggung gitu, tp ini masih diusahakan sm dokternya, semoga bisa pakai bpjs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak pake BPJS Mbak, menurut dokter ku juga dulu kayak gitu, operasi mamae aberans gak ditanggung BPJS. Insya Allah kalo dokternya bantu usahain bisa pake BPJS ya Mbak, dan operasinya lancar

      Hapus
  6. Mba tau itu mma abrans harus di usg dl ya

    BalasHapus
  7. Mba sebelum tau itu mamma abrans harus di usg dulu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh maaf mbak, ini komennya baru dibalas. Pas USG belum ketauan kalo itu mamae aberan mbak, awalnya dianggap kista. Setelah operasi baru ketauan kalo itu mamae aberan tapi tetap harus di uji PA dulu. Setelah PA keluar hasilnya, baru jelas kalo itu mamae aberan

      Hapus
    2. Jadi ada 2 benjolan, yang 1 udah ketauan mamae aberan... yang benjolan 1 lagi yang baru ketauan mamae aberan setelah operasi

      Hapus
  8. Halo mbak boleh kasih informasi oprasi dimana dan kisaran berapa harganya, satu satu atau dua sekalian kanan/kiri??
    Bedah biasa atau bedah plastik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. operasi di RSK. dharmais, bedah onkologi, aku cuma operasi di sebelah kanan, harga tergantung kelas di poli cendana mbak, di tahun 2018 plus kamar dll itu sekitar 30-an.

      Hapus

 

Tentang Lina

Mama-nya Hafizh dan Syifa.. istrinya Pak Boy, yang berusaha bisa membagi waktu antara urusan kantor dan urusan rumah. Yang berharap semua berjalan lancar dan selalu happy ending. Yang menikmati semua proses hidup walau terkadang ada yang ajaib. Mensyukuri semua yang Allah berikan, I'm A Happy Mom.... Alhamdulillah

it's Me

Mensyukuri apa yang ada membuat hidup lebih bahagia....
 
Blogger Templates