Social Icons

Pages

Rabu, 20 Mei 2015

Rumahku adalah Surgaku

Tempat ternyaman setelah semua aktifitas seabreg emang di rumah. Membayangkan pulang, selonjoran kaki tiba-tiba jadi couch potato itu rasanya nyaman sekali. Walaupun gak sepenuhnya sampe rumah itu bisa santai-santai, tapi aku menikmati setiap waktu yang kuhabiskan di rumah.

Beberapa tahun yang lalu aku pernah mengalami masa-masa harus jauh dari rumah, bukan masa ngekost dulu, kalo masa ngekost sih masa yang seru walaupun jauh dari rumah. Tapi ini masa-masa aku harus nemenin almarhum Papa berjuang dengan penyakitnya. 1 tahun sebelum papa meninggal aku selalu nemenin papa berobat. Papa memutuskan untuk menjalani terapi pengobatan di Jakarta, jadi waktu itu aku dan Syifa ikut nemenin papa. Aku gak ngebahas bagaimana kacau balaunya hati saat itu ya... karena ternyata pas dipikir-pikir aku kok belum sanggup untuk nyeritain masa-masa ini, bagaimana terpuruknya aku ketika tau papa sakit parah, dan bagaimana harus ngebagi pikiran ngebagi badan karena aku harus tinggal jauh dengan Hafizh. Hafizh tentu aja gak bisa ikut ke Jakarta karena sekolahnya waktu itu udah kelas 5, sementara untuk Syifa,  suami setuju kalo Syifa aku ajak.

Aku gak pernah posting perjuangan papa dan perjuangan kami seluruh keluarga, dulu aku berpikir akan posting ketika aku siap. Ternyata walaupun ikhlas selalu kami katakan, tidak ada pernah ada kata move on untuk kehilangan orang yang paling berarti yang kita sayangi. Seperti ada yang tercabut gitu aja dari dada, sakit dan sesak sekali.

Emmm.... mungkin sedikit-sedikit aku mulai bisa berbagi, bagaimana  pengalaman selama pengobatan papa. Postingan yang ini kupikir merupakan awal untuk menulis tentang perjuangan kami, ternyata aku gak sanggup loh. Padahal banyak juga info-info kesehatan yang aku dapat selama 1 tahun itu. Tapi yang pertama ingin aku sharing itu cerita ketika aku harus tinggal di 3 tempat selama pengobatan papa. Yang bikin aku selalu kangen banget untuk ada di rumah. Tapi demi papa aku berusaha untuk nunjukin oke gak masalah kita pasti bisa pa. Ini pengalaman yang sangat berharga.

Ketika papa dirujuk ke RSPAD, sebenernya sih gak dirujuk beneran, tapi kami emang minta, karena di RSPAD ada Pakde Dwi, dokter senior yang masih keluarga, yang kebetulan spesialis untuk salah satu keluhan sakit papa. waktu papa sampe di RSPAD itu kreatinin papa di atas 10, dengan nilai batas 1,2. Bayangin gimana kondisi papa waktu itu. Ketika papa rawat inap di RSPAD, aku dan Syifa ikut tinggal di RS, dalam arti yang sebenar-benarnya, RS jadi rumah kami ketika kami sampe di sana. Ini aku putuskan biar aku bisa selalu update kondisi papa dan mengingat susahnya bolak balik kalo mesti tinggal di rumah sodara. Intinya aku gak mau lah ngerepotin orang lain. Papa dirawat di Paviliun Kartika Lt. 3, jadi di kamar rawat inapnya aku dapat sofa yang bisa alih fungsi jadi tempat tidur, di situ juga Syifa ngabisin hari-harinya selama kurang lebih 1 bulan. Berusaha untuk bikin kamar rawat papa senyaman mungkin, baik untuk papa dan untuk kami yang nemenin papa. Waktu itu jasa laundry jadi kebutuhan utama karena gak memungkinkan untuk cuci setrika di RS kan, tapi aku bawa lo setrika mungil yang untuk travel, kebiasaan kalo lagi dinas. Selain jasa laundry mencari tempat makan untuk Syifa jadi perhatian banget. Untung Syifa gak rewel soal makanan, Alhamdulillah banget Syifa selama nemenin atok itu badannya selalu fit, mungkin ini kuasa Tuhan juga. Untuk informasi aja, di dalam RSPAD itu ada laundry kiloan, lokasinya ke arah kantin RSPAD ada mini market, nah di dalam mini market itu tempat naro laundry-nya, ini gak update juga sih, secara aku ke sana nya udah beberapa tahun yang lalu. Tapi di luar arela RS juga banyak kok, di depan pav. Kartika ada beberapa laundry juga.
Assyifa di depan Masjid Asysyifa, hahahaha

Untuk pilihan tempat makan, selain di kantin dalam RSPAD maksudnya benar-benar di dalam RSPAD ya, aku kok jadi bingung gini hihihihi. Jadi gini Pav. Kartika dan RSPAD itu menempati 2 areal yang berbeda, walaupun hadap2an, dan ada jembatan penghubung dari lantai 2 Pav. Kartika ke RSPAD-nya. Pelayanan di Pav. Kartika itu ada poli rawat jalan, kamar rawat inap dan beberapa perawatan penunjang tapi untuk kayak operasi trus perawatan2 radiologi, hemodialisa itu mesti ke gedung RSPAD nya. Nah..... kantin utama itu ada di RSPAD, pokoknya kantinnya gede dengan banyak pilihan makanan. Untuk di Pav. Kartika ada kantin kecil untuk kue-kue yang posisinyapas di lobi utama + Cafe Olala serta ada kantin Oma yang lokasi nya di parkiran kanan Pav. Kartika. Gak cukup di situ di areal parkir depan RSPAD tepatnya di atas minimarket Omi itu ada kantin lagi, yang ada jual gado-gado enak banget. Jadi untuk urusan makanan sih gampanglah.... loh ini mau berobat apa mau makan, ckckckckck.

Selama 1 bulan di sini aku dan Syifa jadi ekspert banget sama liku-liku RSPAD, jalan tikus ke ruang HD atau ke ruang dr. Ma'mur ahli urologi-nya papa, aku udah konsultasi ke beberapa dokter dan perawat tentang ngajak Syifa untuk tinggal di RS, secara RS itu sarang penyakit. Tapi mereka ngasih tips dan trik untuk Syifa selama di RS, soalnya banyak juga ternyata keluarga pasien yang senasib dengan kami. Dan sebagai bonus, Syifa selalu dapat pemeriksaan gratis dari dokter di Pav. Kartika untuk cek kesehatan. Selama tinggal di sini, kita terbantu banget dengan petugas2 di Pav. Kartika khususnya yang di lantai 3. Kepala perawat suster Titin selalu cek ini itu untuk mastiin Syifa nyaman.
 Salah satu aktifitas Syifa, mewarnai

 Tiap ada parcel yang datang berasa milik pribadi

Nemenin atok maen kartu
Syifa itu hiburan tersendiri untuk Papa

Nah, ketika kita dikabari udah bisa rawat jalan kita mulai sibuk ini mau tinggal di mana. Kalo papa sih waktu itu pengen di hotel aja. Cuma anaknya yang banyak itung2an ini nawarin opsi sewa apartemen aja. Papa sih manut2 aja. Jadi waktu itu kami dapet lah apartemen di daerah Kemayoran, jauhkah? Relatif juga.... menurut papa sih gak jauh, dan enak aja katanya. Nama apartemennya Puri Kemayoran, yang punya dokter India, aku lupa namanya... tapi dia tinggal pas di sebelah apartemen yang kami sewa. Kalo di apartemen lagi-lagi aku harus berurusan dengan segala laundry, tukang air, dan semua perintilan2. Berhubung diriku ini pengetahuan masaknya minim banget, jadilah tante dan om ku yang rutin anter makanan huahahahaha.... ini bukan aku yang minta loooo. Jadi kulkas itu full isi makanan setengah jadi, aku tinggal oseng-oseng aja, atau tinggal cemplung cemplung aja. Ini tempat kedua yang terpaksa kami jadikan rumah. Dan lagi-lagi aku kangen banget sama rumah, sama Hafizh, sama suami, sama Mama yang gak bisa ikut karena keterbatasannya. Suamiku tiap Jumat sore selalu datang ke Jakarta trus balik lagi Minggu sore ke Bangka, nah setiap suami datang itu selalu dititipin banyak makanan sama Mamaku. Jadi agak-agak lumayan ngilangin kangennya.

 penampakan muka Puri Kemayoran
selalu nemenin atok... dan atok selalu serius ama tablet-nya

Terlalu banyak gaya nih

Enak kah tinggal di apartemen? Emmm untuk orang yang dari orok tinggal di rumah dengan halaman depan belakang gede, tinggal di apartemen kayak tinggal di tenda hehehehe.... cuma emang praktis ya. Tapi kalo disuruh milih mau atau enggak, aku sih enggak cocok tinggal di apartemen.

1 bulan di apartemen, papa kembali dirawat di RS, ini sekitar 2 mingguan, dan waktunya pas ketika abang Hafizh liburan sekolah, jadi Hafizh bisa nyusul ke Jakarta, rasanya seneng banget... Apalagi untuk papa, soalnya Hafizh itu cucu pertama papa yang selalu ikut kemana aja papa pergi. Jadi begitu Hafizh bisa nyusul ke Jakarta, Papa semangat banget pengen cepat keluar dari RS, katanya biar bisa jalan-jalan sama Hafizh, duh kalo inget sedih.
senengnyaaaa ada Abang hafizh

Begitu kreatinin Papa udah di sekitaran 1 - 2. Papa udah boleh keluar dari RS, dan kondisi Papa waktu itu stabil. Tapi Papa gak mau tinggal di apartemen lagi, hihihihi gak asik katanya, sumpek. Jadi Papa milih tinggal di hotel. Papa punya hotel langganan, bukan hotel gede sih, malah ini hotel tua di daerah menteng, tempatnya pas di depan RS Bunda, namanya Hotel Marcopolo. Naaaa hotel ini jadi rumah ketiga kita di Jakarta. Kita ambil kamar yang gedean yang ada balkon nya, kamarnya gede kayak ada beberapa ruangan, plus disediain microwave juga jadi bisa untuk bikin ini itu, karena ada balkonnya, aku bisa taro tempat jemuran di situ huahahahaha..... Di Marcopolo ini kami tinggal hampir 1 bulan. Dan untuk selanjutnya nanti setiap kontrol kita selalu pilih di Marcopolo. Dari Marcopolo ke RSPAD itu cuma sekitar 15 menit jadi strategis lah. Hotel ini gak include sama makan pagi, jadi kalo makan pagi kita kena biaya lagi. Tapi papa suka banget sama makanan Marcopolo, jadi kayaknya Beliau gak mikirin biaya tambahan itu. Diriku yang diangkat sebagai bendahara mesti bisa atur-atur pengeluaran, tinggal di hotel sebulan plus biaya ini itu nya bikin buku tulis yang pura-puranya BKU jadi banyak coretan sana sini. Dan selama tinggal di sini banyak sanak saudara handai taulan lebay yang datang besuk papa. Sebenernya waktu di RS juga banyak banget yang besuk sampe ama dokter dibikin peringatan gak boleh terima tamu banyak2, hahahahaha.... Abis gimana, papa tu suka kalo rame2 gitu, suka cerita2, suka denger kabar2 dari Bangka. Malah Papa bilang semua cerita2 ini jadi semangat sendiri untuk Papa.
 ular tangga... antara Papa, Syifa dan Suami

 Makan malam bersama, rame beneeerrrr @Marcopolo

 Sarapan pagi

 Kamar hotelnya ini kayak ada beberapa ruangan...

Apakah aku pernah menyesal ketika harus jauh dari rumah. Ketika jadi kayak gipsi pindah sana sini.... Alhamdulillah enggak tu, waktu2 itu adalah waktu paling berharga untuk aku lebih dekat ke Papa. Ketika kami boleh pulang ke Bangka setelah perawatan Papa selesai, rasanya bahagia bener. Papa sampe bilang kalo Papa gak nyangka bisa kembali lagi ke rumah. Walaupun rumah kita sederhana tapi selalu ada kebahagiaan di sana.

Kangen Papa.... setiap pulang ke rumah seolah-olah masih ada Papa di sana... Jadi begitulah cerita ketika nyobain tinggal di beberapa tempat, dan anehnya Syifa dan hafizh enjoy banget.... dikirain liburan kali ya. Apalagi Syifa yang emang full selalu nemenin, sampe pas nanti mesti bolak balik Bangka Jakarta untuk kontrol. Mungkin di lain waktu akan ada cerita kisah pengobatan Papa, banyak yang nanya karena penyakit Papa ini ternyata banyak yang ngalamin, walaupun akhirnya Tuhan berkehendak lain, tapi terapi Papa menurut kami yang selalu mengikuti prosesnya termasuk berhasil, khususnya pengontrolan kadar Kreatinin dan Ureum-nya. Kapan-kapan deh ketika hati sudah siap ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Lina

Mama-nya Hafizh dan Syifa.. istrinya Pak Boy, yang berusaha bisa membagi waktu antara urusan kantor dan urusan rumah. Yang berharap semua berjalan lancar dan selalu happy ending. Yang menikmati semua proses hidup walau terkadang ada yang ajaib. Mensyukuri semua yang Allah berikan, I'm A Happy Mom.... Alhamdulillah

it's Me

Mensyukuri apa yang ada membuat hidup lebih bahagia....
 
Blogger Templates