Social Icons

Pages

Rabu, 13 Mei 2015

Peringatan Untuk Yang Niat Melihara Kucing


Provokatif sekali judul nya.....

 Gaya tidur normal untuk Mbeb

Aku sangat sangat suka kucing, pernah dulu dibahas di postingan ini beberapa tahun yang lalu, waktu pertama kali kami adopsi OI, kucing persia medium yang lucu imut gemesin yang dipanggil ayank ayank tiap hari. Waktu adopsi OI dulu aku udah dapet peringatan banyak dari cat lovers di beberapa mailing list, bahwa melihara kucing itu merupakan komitmen jangka panjang, jadi kita gak bisa cuma sekedar seneng trus melihara, yang ujung-ujungnya si makhluk lucu imut itu jadi terbengkalai.

Postingan ini efek dari kemaren waktu aku kunjungan ke dokter hewan dekat rumah, trus liat kucing persia medium cowok yang kayaknya ditelantarin sama yang punya., dan sekarang dititipin di kliniknya si dokter. Sedih banget ngeliatinnya, mau aku adopsi udah gak kuat lagi.... secara di rumah itu udah ada 4 biji Adult + 2 kitten + entah berapa biji kucing liar. Trus ditambah lagi ada temen yang nyerahin kucingnya ke orang laen karena gak kuat lagi beliin makanan untuk kucingnya, dikasih gitu aja ke orang laen, padahal proses ganti pemilik ini bisa bikin kucing stres looo....

Jadiiii..... sebelum melihara kucing ni, mau dia kucing ras mau kucing yang ucluk-ucluk muncul di halaman rumah, banyak hal yang mesti kita pertimbangkan...

Kucing itu makhluk hidup bukan boneka yang cuma butuh dipeluk-peluk aja, jadi mpus ini nanti perlu makan perlu minum perlu tempat tinggal yang layak perlu kasih sayang perlu ruang untuk bergerak. Jadi, mulailah dikalkulasi berapa budget yang perlu kita keluarkan kalo mau melihara kucing. Emang sih kalo kucing liar itu dikasih tulang juga ludes diembat, karena mereka gak punya pilihan, tapi gak berlaku untuk kucing yang emang kita sengaja adopsi . Kalo kita udah niat buat melihara kucing, berarti dia udah bakalan jadi salah satu anggota keluarga kita. Jadi sediakan anggaran khusus untuk beli makanan dan keperluan lainnya. Untuk jenis makanan disesuaikan dengan kebiasaan kucing aja. Untuk aku, semua kucing di rumah itu beda selera, OI sama anaknya Olaf lebih senang ikan segar yang direbus, ini berarti aku mesti stok ikan segar tiap hari, yang syukur Alhamdulillah kalo di Bangka ini ikan segar berlimpah ruah jadi gak masalah harganya pun terjangkau apa lagi kalo beli langsung dari nelayannya. Beda lagi sama si Mbeb dan Mpop yang mau nya cuma makanan basah kalengan dan yang kering. Jadi otomatis mesti nyediain juga makanan basah kalengan dan yang kering. Untuk harganya per kaleng macam-mcam tergantung merk, yang merk standar kayak whiskas sama friskies harganya di bawah 20 rb jadi kalo Hy**rmart lagi diskon makanan kucing ini aku sering stok banyak, lumayan hargaya bisa beda 4 rb-an. Gitu juga untuk makanan kering, cuma kalo makanan kering kita jangan sering ganti-ganti soalnya ganti makanan kucing ini bisa bikin masalah di pencernaannya, jadi mesti dicampur dikit-dikit sebelum ganti total. Aku sih kapok ganti2 makanan kering, soalnya kucing2 ku sensitif banget, ganti rasa aja mereka bisa mencret2. Repot kan... iya emang repot.. jadi jangan asal liat tetangga punya kucing persia mau ikutan juga .

 kenapa pose emak dan anak sama ya

Trus sediain juga budget untuk keperluan natural calling-nya mpus ini, jadi untuk BAB dan BAK pun ada anggaran untuk beli pasirnya, kecuali kalo kucingnya udah bisa dan mau BAB BAK di luar ato di kamar mandi, atau kalo rela mereka BAB BAK di mana aja.... terserah sih.
Pasir kucing ini banyak yang jual, bisa pilih mau yang ada aroma atau tanpa aroma, mau yang daya serap tinggi atau yang sedang-sedang aja, ada harga ada kualitas. Aku sih senengnya beli yang aroma lavender, jadi pas kena pipisnya itu langsung ada aroma lavender hihihihihi.... Trus jangan lupa rutin dibersiin, bisa pake sendokan yang udah disediain barengan ama pasirnya. Kalo aku sih pake karton tebel sisaan kotak makanan kucing itu aja, yang dipotong-potong, jadi abis dipake langsung dibuang. Kalo pake sendokan itu kan mesti pake dicuci lagi abis dipake, jadi aku pilih yang praktis aja, abis pake langsung buang. 

Senior di rumah, Sunbaenim

Dari beberapa poin di atas aja keliatan kalo biaya hidup kucing, khususnya yang ras itu gede. Jadi terus terang aja, MAHAL.... dan hanya karena kuasa tuhan-lah aku masih sanggup melihara kucing-kucing ini, dan aku mulai percaya quote yang sering dilontarkan cat lovers, tiap kucing itu ada rezekinya masing-masing, huahahahaha... 

Gak selesai di acara makan minum dan BAB BAK, mpus ini juga perlu dimandiin trus dikeringin trus disisir, gunting kuku, rapiin bulu, grooming.... Kalo gak mau repot bisa sih bawa aja ke salon khusus binatang, tapi aku suka gak tega liat yang kucing di grooming disalon itu, yang mandiin gak ada lembut-lembutnya, grasak grusuk kasar... pulang dari salon yang ada ini kucing malah stres, repotnya efek stres ini ujung-ujung ya bikin kucing sakit. Jadi aku lebih suka mandiin kucing sendiri, dan kegiatan grooming ini menyita banyak waktu.... apalagi untuk kucing yang bulunya lebat banget. Ini jadi tantangan sendiri untuk ku pas mandiin Mbeb, Mbeb ini peranakan Maine Coon, yang bulunya itu over lebat tebal dan kayak ada lapisan untuk nolak aer, plus badannya gede, fuiiihhhhh lap keringat. 

Trus udah kah, cukup itu aja.... Enggaaaakkkkkk..... Layaknya manusia kucing ini perlu perawatan kesehatan juga, untuk kitten sejak usia 2 bulan udah harus diimunisasi, diulang 1 bulan kemudian, trus booster nya 1 tahun sekali diitung dari imunisasi yang kedua. Harga satu kali imunisasi di atas 100 rb tergantung vaksin apa yang dipake dan diluar biaya dokter ya... Jadi kalo mpus ku ngelahirin, biasanya biaya imunisasi nanti aku bebankan ke orang yang bakal adopsi-nya. Kalo pada gak mau, berarti aku batalin aja proses adopsi nya, lha udah ketauan kan artinya dia gak terlalu peduli kesehatan kucingnya, jadi aku cari orang yang emang bener2 bakal ngerawat kucing, sejauh ini sih, aku masih ketemu yang baek-baek untuk ngerawat anaknya kucing ku.

Abaikan kaki seseorang yang muncul

Dan.... kita harus jalin komunikasi yang intens dengan dokter hewan, hihihihihi.... Aku udah 2 kali ganti dokter hewan, sebenernya dokter hewan yang pertama dulu oke sih, cuma karena rumahnya agak jauh aku susah kalo ada kejadian darurat. Pas di dekat rumahku ada buka klinik dokter hewan, yang ternyata temennya adek ku, cucok sekali.... tinggal lari dikit aja nyampe. Tugas dokter ini sama ama dokter umum biasa, imunisasi, cek rutin, periksa kalo sakit, tempet konsultasi, bantu lahiran... 
Nah sebelum ke dokter, kita harus peka perubahan-perubahan yang dialami mpus, aku gak punya trik khusus untuk ngedeteksi kucing sakit, tau gitu aja.... terutama kalo liat gaya duduk yang meringkuk kaki depan ditekuk ke arah dada dan mata agak merem, itu udh harus dicurigai, ditambah kalo males makan, udah deh..... pertolongan pertama biasanya  dikasih vitamin plus penambah nafsu makan, kalo gak ada perubahan baru panggil dokter.
Alert, kucing sakit itu bikin kita juga berasa sakit..... aku pernah hadapin OI sakit, yang ada aku malah nangis di depan kandang OI, yang waktu itu harus dipisahin dari kucing yang laen, aku jadinya nangis gak tega liat dia dikurung.
Dan hadapin kucing sekarat akhirnya meninggal itu bikin aku shock dan stres, kejadian anak OI generasi pertama dulu meninggal di umur 5 bulan gara-gara ada wabah sakit kucing, sediiiiiiihhhh banget, aku nemenin pas si mpus sakratul maut. Jadi, si mpus itu lahir aku yang nyambut pas dia keluar dan aku juga yang nemenin dia pergi, yang ada Syifa malah bilang, 'Dedek juga sedih mpus nya mati ma, tapi kok mama nangis nya lama banget, Dedek aja gak nangis,' Preeetttt.....
Kucing juga bisa demam, jadi kalo kucing yang semula lincah heboh jadi kayak gasing ke sana ke sini trus tiba-tiba lesu, pegang aja badannya, berasa kok demam atau enggak, temperatur kucing yang masih ditoleransi itu sekitar 39, di atas itu udah masuk demam. Untuk cara ngukur suhu, serahkan saja ke dokter nya.... gak ekspert lah diriku.... 


Jadi gak mudah ya punya peliharaan, gak terbatas cuma kucing, peliharaan apa pun itu, tetapkan ke hati kita akan dirawat dengan baik. Untuk yang mau pelihara kucing, selain siapkan budget, harus siapin waktu khusus juga untuk perawatannya , dan sediain mental bila suatu saat si mpus ini harus pergi. Jangan malas searching dan konsul dengan para suhu per-kucing-an, kan banyak tu grup cat lovers. Jenis kucing apa aja gak masalah, kucing liar kalo dirawat bener kasih makan bener badan dan bulu nya juga keren kok.  Dan untuk yang melihara kucing hanya supaya bisa nguber tikus, eitttsss tunggu dulu.... gak semua kucing bisa nguber tikus looo... Semua kucing di rumahku itu tipikal doraemon, kalo liat tikus ngumpet semua. Walaupun aku sendiri sebenernya gak ngijinan mereka maen2 tikus, tapi pas mereka dikasih keluar halaman dan tiba2 ada tikus, semuanya pasti kabur masuk ke rumah.

Postingan yang agak-agak dikuasai emosi, cuiiihhhh....  emosi atau lapar hmmmmpfff.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Lina

Mama-nya Hafizh dan Syifa.. istrinya Pak Boy, yang berusaha bisa membagi waktu antara urusan kantor dan urusan rumah. Yang berharap semua berjalan lancar dan selalu happy ending. Yang menikmati semua proses hidup walau terkadang ada yang ajaib. Mensyukuri semua yang Allah berikan, I'm A Happy Mom.... Alhamdulillah

it's Me

Mensyukuri apa yang ada membuat hidup lebih bahagia....
 
Blogger Templates