Social Icons

Pages

Selasa, 26 Januari 2010

Oh Guru...

Ini cerita hasil dari jalan2 ke sebuah sekolah. Jujur gak ada maksud apa2, cuma sebagai sebuah perbandingan manakah guru yang aku harap akan menjadi guru anak2ku nantinya.

Ada beberapa kelompok orang yang nemplok2 di depan kelas, dan masing2 kelompok didampingi guru atau wali kelas. Berhubung si tukang dengar ini iseng, jadi.... nemploklah di kelompok pertama, yang pembicaraannya dipimpin sang wali kelas (kayaknya wali kelas deh).... 'Jadi ibu2 dan bapak2... kita ini punya target nilai yang harus kita raih per 1 tahun ajaran... Saya mohon bantuan Ibu2 dan Bapak2 untuk melihat target nilai minimal yang saya bagikan dan saya tempel di masing2 buku laporan siswa... tolong perhatikan !!! Saya tahu anak2 kita ini semuanya gak ada yang bodoh (emmm... udah lama aku gak denger guru yang bilang bodoh dengan nada tinggi) yang ada cuma anak2 yang malas....'
Setelah itu si guru ini menarik nafas dan ngelanjutin lagi 'O Iyaaaaa.... Saya ingetin lagi, kalo anaknya cuma sakit pilek biasa, anget badan dikit2 gak usahlah izin sakit2 segala.... nanti ketinggalan pelajarannya banyak... satu hari aja gak masuk udah berapa yang ketinggalan, apalagi sampe izin dokter 3 hari, nanti anak2nya manja lho kalo bntar2 izin gak masuk .... ntar dipake alasan anak2 biar gak sekolah, dikit2 sakit, dikit2 pusing... tenang aja Ibu2 Bapak... sekolah ini ada kliniknya, jadi kalo seandainya sakit si murid itu jadi parah akan kami tangani,'
Uggghhhh.... aku mulai berpindah ke kelompok laen, yang juga pembicaraannya dipimpin seorang guru  (nah yang ini gak tau wali kelas ato bukan)....'Kita gak bisa memaksakan seorang anak untuk menyukai suatu pelajaran tertentu.... biar bagaimanapun tiap kemampuan anak itu berbeda... Memang sistem pendidikan di tempat kita tinggal ini (Si guru gak nyebutin di negara kita, kenapa ya ?) seolah2 menginginkan seorang anak itu jadi super di segala bidang... fisika mesti Ok... matematika mesti jago... mengarang juga mesti nomor 1 (lho kok mengarang ? mungkin maksudnya pelajaran Bahasa Indonesia kali ya ). Ini seperti memaksakan seorang anak yang gak suka sayur lodeh untuk ngabisin sayur lodeh satu mangkuk. Tapi, kami di sini akan membimbing anak2 untuk bisa mengikuti semua kurikulum dengan nyaman. Gak ada paksaan, tapi berharap mereka nyaman dengan semua metode2 yang nanti akan disampaikan saya dan rekan2. Dan satu lagi yang ingin saya sampaikan... kesehatan anak juga jadi faktor penting untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah, seandainya kurang sehat sebaiknya istirahat dulu di rumah, apalagi untuk sakit yang menular seperti batuk pilek ya.... apalagi kalo batuk pileknya itu awal dari penyakit menular lainnya seperti campak, kan jadi bahaya untuk murid2 yg lain,'
Terus pembicaraan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dan si pendengar iseng yang tadi keliling karena kelaparan sekarang mulai agak sakaw lontong sayur.  Celingak celinguk nyariin tanda panah yang tulisannya KANTIN... gak nemu, yang ketemu cuma wali murid yang cerita kalo anaknya dulu juga lulusan sekolah ini, dapet nilai bagus dan berhasil ke PTN ternama ... bahkan beberapa teman akrabnya pun bernasib sama.... wuih si wali murid ini seneng banget.... Iseng2 aku nanya siapa wali kelasnya.... dan ternyata wali kelasnya  adalah wali kelas kelompok pertama.... Menurut info, rata2 murid yang dibimbing wali kelas pertama rata2 nilai kelulusannya tinggi banget... Dengan pelan kubilang 'kan gerunya rada keras,' dengan lantang dibalas si wali murid 'guru sekarang memang mesti keras, kalo enggak muridnya gak mau belajar,' Masa siiiiiiiii

Aku memang ingin yang terbaik untuk anak2ku, tapi aku juga ingin anakku bisa menjalani hidup dengan nyaman dan berkompetisi secara sehat.... Rasanya kalo anakku lagi sakit tapi tetap harus sekolah kok ya ngenes juga hati ni ..... emang sekarang masih ya jamannya belajar itu mesti dipaksa2 pake pentungan.... Geleng2 kepala sambil mikir lontong sayur yang gak kebeli.


5 komentar:

  1. Ahahaha... gitu dhe...
    pengalaman pribadi nhi. dulu aku thu, sm mama disuru ngapal kali"an. Waktu itu kelas 1 SD. Tiap abis maghrib bediri di depan mama trs disuruh ngapal. HARUS!
    Tadi nya kesel gt. Apaaa coba dipaksa melulu. Mana masuk ke otak.. eh tapi justru pas naek kelas 2 aku paling jago thu. Sampe sma juga blajar mesti dipantau keras. Buku pelajaran tiap pulang sekolah di priksain. bener" dhe... emang aku anak kecil?
    Tapi emang bgitu ternyata, kadang sesuatu yang diberikan banyak tantangan, justru bikin kita bisa ambil sikap. Asal ada batas nya ajha... toh lambat laun kita bisa mutusin sendiri hrs ikut yang mana.. hehe
    Kl menurut aku shi, kita tetep pilih yang paling baik untuk anak. Tapi, masuk di sekolah manapun, orang" dengan sikap berbeda akan terus bermunculan. Dengan berbagai metode dan cara mendidik yang ngga sama. Justru disana akan timbul kisah" menarik yg bakalan diinget si anak sampe gede nanti :)
    Tapi percaya dhe.. mereka punya cara sendiri untuk ngatasin guru" nya yg rada "rewel" dalam mengajar :p
    Mom hrs percaya sm kemampuan anak... mereka juga hrs diberi kepercayaan belajar sendiri.

    Ini aku ambil contoh waktu aku operasi yha...
    Begitu keluar dr ruang OP aku masuk ICU. Biasa nya thu yg OP kanker macem aku masuk ICU min 5 hari. Nah aku belum 3 hari udha keluar. Tau ngga knp? soalnya itu suster nya bener" keterlaluan. Aku ini khan br ajha OP. Br jg sadar 3 jam lalu. emang bisa gitu duduk dr tempat tidur? jelas" selang dibadanku ada 10. belum lg luka OP gede: di dua tempat n tulang rusukku di buang 1 buah. ehhh pas aku mau muntah, minta plastik sm susternya, pd bilang gini "ambil sendiri, jangan manja!"... alhasil aku cuma bersabar. walo gedumel juga... thu suster ngga pernah ngerasain shi, jd ngomong seenaknya!
    Makanya aku nekat minta keluar ICU, mendingan juga di ruang perawatan, keluarga bisa masuk dan nolongin aku... ughhh
    Tapi... aku jd tau gimana ngatasin situasi itu. Aku jd bisa bangkit pelan" dan ngga mau dikatain manja kaya sebelumnya. walaupun dokter aku kaget setengah mati aku udha bisa bangkit berjalan dalam 5 hari!

    Jadi gitu dhe mom, bukan maksud hati mau curhat.. tp percaya dhe... tanpa kita sebentar di ruang kelas.. mereka akan baik" saja :)

    BalasHapus
  2. aku setuju banget nih bund.... sekarang cuma berharap anak2 bisa adaptasi dengan semua perubahan baik di sekolah maupun dimana aja...

    kalo soal bunda yg 3 hari keluar ICU... tadinya aku sempet mikir bundanya yang model gak betahan, hehehe ... taunya sebel ama suster...

    BalasHapus
  3. ahahaha abis nya yha.. masa iyha, mrk rapat, meja nya thu pas banget nempel sm tempat tidur aku. malah cuek" ajha ngeliat aku nya kesusahan.. huhhuhu
    tp berkat semangat itu aku jd cepet" pengen sembuh.. haha

    BalasHapus
  4. Mungkin karena sudah merasa berhasil dengan suatu metode, jadinya dipertahankan terus ya... padahal kasus yang dihadapi kan nggak selalu sama...

    BalasHapus
  5. iya... lagian kita gak bisa nyamain semua murid, masing2 anak kan punya kelebihan sendiri2 :)

    BalasHapus

 

Tentang Lina

Mama-nya Hafizh dan Syifa.. istrinya Pak Boy, yang berusaha bisa membagi waktu antara urusan kantor dan urusan rumah. Yang berharap semua berjalan lancar dan selalu happy ending. Yang menikmati semua proses hidup walau terkadang ada yang ajaib. Mensyukuri semua yang Allah berikan, I'm A Happy Mom.... Alhamdulillah

it's Me

Mensyukuri apa yang ada membuat hidup lebih bahagia....
 
Blogger Templates